Peran Serta Wanita Dalam Dunia Profesional di Qatar

Indonesia Satu Manajemen,
15 Mei 2022 - 22:39

Wanita merupakan 51% dari tenaga kerja di Qatar. Artinya jumlah tersebut termasuk tertinggi di dunia, utamanya di daratan Arab. Peran mereka ialah fokus pada QNV 2030. Meskipun 80% nya dipekerjakan di lembaga pemerintah, namun kini telah menyebar di industri yang didominasi oleh pria. Sebagian besar memegang tugas pada operasional dan manajemen.

Sebagai contoh, di Texas A&M University kampus Doha wanita terhitung sekitar setengah dari total mahasiswa dan semuanya mengejar gelar teknik dibandingkan dengan kampus utama yang berbasis di Texas. Sementara itu   , 40% dari posisi kepemimpinan di Qatar Foundation beranggotakan 5000 wanita.

Menurut laporan dari Global Forum Ekonomi Dunia tentang Kesenjangan Gender, pada tahun 2018 wanita Qatar dibayar 25 hingga 50% lebih rendah dari pria. Pada 2016, 6% wanita Qatar memiliki perusahaan di negara Timur Tengah. Dalam kurun waktu tersebut terbukti bila kaum hawa mampu meningkatkan kemampuan dan berusahan turut serta dalam perkembangan perekonomian.

Sejak membludaknya tenaga kerja wanita baik lokal maupun asing, akhirnya Qatar Women Business Association terbentuk. Ialah kelompok aktif yang bertugas memberdayakan wanita dalam dunia bisnis serta profesional. Tujuannya tentu sebagai generasi masa depan dalam mendukung Qatar National Vision 2030.

Jaringan ini mengatakan bahwa ingin menginspirasi kaum hawa agar terlibat dalam kegiatan profesional, sembari meningkatkan keterampilan serta memperluas pengetahuan. Jadi, bagi ekspatriat wanita yang ingin mengembangkan karir di sini tidak perlu khawatir. Sebab sebagian besar perusahaan memiliki karyawan perempuan yang saling mendukung satu sama lain.

 

 

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp